Senyuman kehidupan

Rabu, September 17, 2008

Kurikulum Pendidikan (educational curriculum)

Kurikulum Pendidikan (educational curriculum)
by abihan (mawardy)

Tak biasanya,saya mencurahkan sedemikian rupa untuk menggali pengetahuan baru yang dulunya hanya aku lihat dan menggunakan tanpa penulusuran secara detail. "Kurikulum" menjadi barang antik yang harus ada dalam dunia pendidikan. Seperti apa jadinya pendidikan tanpa kurikulum? mungkin tak tertata, tak tertarget, tak terencana dan seabrek tak-tak yang lain terhadap apa yang akan dicapai.
Tapi permasalahannya sekarang apa menjadi sebuah keharusan? jawaban yang cocok tergantung dari perspektif mana "dunia" pendidikan di pandang. Apakah pendidikan sebagai sekumpulan teori-teori pemikiran atau sebagai hasil sebuah rasa hati.

Polemik tidak akan pernah selesai dan tidak harus selesai, dan ilmu harus terus berkembang dengan adanya kurikulum atau dengan tidakadanya kurikulum.
Kalau dikaji lebih jauh, kehidupan ini identik dengan pendidikan. Mengapa?mungkin karena ada kesamaan hakekat penggalian terhadap makna akan di bawa kemana kita hidup ini.

Tulisan ini hanya, selintingan keisengan di tengah kejumutan tugas mata kuliah yang belum selesai-selesai diolah. Semoga yang membuka blok ini memaklumi. Bravo UPI...

1 komentar:

ahmad nurkhin mengatakan...

hanya ingin sekedar tanya...
gimana sich blognya kok bisa bagus...
sperti ada kalender hijriahnya..
dan lain-lain.
makasih..
email; akh_khin1311@yahoo.com