Senyuman kehidupan

Sabtu, Februari 16, 2008

KULIAH: Ilmu Pendidikan

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
FAKULTAS AGAMA ISLAM
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

RENCANA PROGRAM PERKULIAHAN

I. IDENTITAS
A. Mata Kuliah
1. Nama Mata Kuliah : ILMU PENDIDIKAN
2. Komponen/ Kode : MKK 200040114
3. Bobot : 3 sks
4. Hari/ Jam Kuliah : Rabu/ 09.30-12.00 (Reg)
5. Ruang Kuliah : C-309

B. Identitas Dosen
1. Nama : IMAM MAWARDI, M.Ag
2. NIS/NIP : 017308176
3. Alamat : Perum Bumi Gemilang Blok C-1 RT 01/ RW XIV Banjarnegoro, Mty, Kab. Magelang
Telp./ HP : 0293-3215694 / 081 225 144 62
4. Hari/ Jam Konsultasi : Senin- Jum at/ Jam kerja

II. DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah Ilmu Pendidikan merupakan suatu disiplin ilmu dasar untuk membekali mahasiswa prodi PAI dalam memahami seluk-beluk dunia kependidikan pada umumnya secara komprehensif sebagai dasar menempuh mata kuliah yang berhubungan dengan persoalan-persoalan kependidikan yang ada dalam struktur kurikulum. Untuk itu, mata kuliah ini memberikan dasar-dasar pendidikan, membahas pandangan tentang kependidikan, hakekat manusia, factor-faktor kependidikan, pendidikan sepanjang hayat, hubungan kebudayaan dengan kependidikan, system pendidikan nasional, pendidikan dalam masyarakat madani, inovasi pendidikan dan paradigma pendidikan masa depan. Kesemuanya itu diharapkan dapat memberikan wawasan kerangka berfikir mahasiswa sebagai calon pendidik.
III. KOMPETENSI STANDAR
Mahasiswa mampu memahami dasar-dasar kependidikan secara komprehensif sebagai modal dasar pengembangan wawasan dan kerangka berfikir untuk mempelajari ilmu-ilmu yang berhubungan dengan didaktik metodik dalam mendesain bangunan pendidikan.
IV. KOMPETENSI DASAR
1. Memahami konsep dasar epistimologi pendidikan Islam
2. Memahami Kurikulum Pendidikan Islam
3. Memahami pendekatan dan metode pendidikan Islam
4. Memahami peran evaluasi dalam pendidikan Islam
5. Menjelaskan pelaku pendidikan Islam
6. Menjelaskan peran lingkungan dan lembaga pendidikan Islam
7. Memahami pola pengembangan dan pembaharuan Pendidikan Islam
IV. INDIKATOR HASIL BELAJAR
1. -Mampu menjelaskan pengertian, ruang lingkup dan kegunaan ilmu pendidikan Islam sebagai konsep dasar
-Mampu menjelaskan dasar dan tujuan pendidikan Islam dalam konsep epistimologi
2. Mampu menjelaskan fungsi kurikulum berdasarkan situasi dan kondisi anak didik, kebutuhan dan perkembangan masyarakat.
3. Mampu menguraikan macam-macam pendekatan dan metode pendidikan Islam dalam interaksi pembelajaran
4. Mampu menjelaskan peran evaluasi sebagai alat kontrol dan pengembangan system pendidikan Islam
5. -Mampu menjelaskan anak didik berdasarkan kebutuhan psikologis dan pola pengembangan kepribadiannya.
-Mampu menjelaskan tentang pendidik dan karakteristiknya berdasarkan peran, tugas dan tanggung jawab dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kepada anak didik.
6. -Mampu menjelaskan macam-macam lingkungan pendidikan Islam dan menghubungkannya secara sinergi.
-Mampu menganalisa pentingnya peran kelembagaan pendidikan Islam (informal, formal dan formal) dalam memghadadapi tantangan global.
7. -Menjelaskan model penelitian dan pengembangan pemikiran dalam memformulasikan konsep system pendidikan Islam
-Mendiskusikan system pembaharuan pendidikan Islam di Indonesia
V. PRASYARAT
VI. TIME LINE & TOPIK PERKULIAHAN

I. INTRO TO SUBJECT MATTER AND LEARNING CONTRACT
II & III TINJAUAN TENTANG PENDIDIKAN (pengertian pendidikan, terjadinya proses pendidikan, kewibawaan seorang pendidik, perbedaan pendidikan dan pengajaran, aliran pendidikan, unsur-unsur pendidikan)
IV HAKEKAT MANUSIA DALAM PENDIDIKAN (hakekat manusia, pentingnya pendidikan bagi manusia)
IV PENDIDIKAN SEPANJANG HAYAT
V & VI FAKTOR / KOMPONEN PENDIDIKAN (anak didik, pendidik, lingkungan pendidikan, tujuan pendidikan, alat pendidikan)
UJIAN TENGAH SEMESTER
VII & VIII SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (mengupas UU no 20 th 2003 tentang sisdiknas, UU no 14 th 2005 tentang guru dan dosen, 4 pilar pendidikan dan 5 prinsip dasar toleransi menurut UNESCO)
IX & X HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN (hubungan pendidikan dan kebudayaan, transmisi kebudayaan, pendidikan dalam proses pembudayaan, pendidikan merupakan agen pembaharuan)
XI PENDIDIKAN DALAM MASYARAKAT MADANI
XII & XIII INOVASI PENDIDIKAN DAN PARADIGMA PENDIDIKAN MASA DEPAN (hakekat inovasi, pendidikan berwawasan global, IQ-EQ-SQ, pembelajaran unggul, PAUD)
XIV Revieu Perkuliahan
XV Minggu Tekun
UJIAN AKHIR SEMESTER

VII. STRATEGI PERKULIAHAN
Kegiatan perkuliahan ini lebih banyak didasarkan pada collaborative learning, meskipun demikian individual learning tetap akan digunakan sesuai dengan tujuan materi yang dipelajari. Untuk itu strategi perkuliahan yang digunakan antara lain: interactive lecturing, every one is a teacher here, card sort, the power of two, reading guide/ study guide, synergetic teaching, point counterpoint, dan jigsaw learning.

VIII. TAGIHAN
Penugasan bersifat Kelompok dan individual
• Penugasan Kelompok : makalah topik, pembahasan hasil diskusi
• Penugasan individu : Book review, dll.

IX. EVALUASI
Penilaian akhir/ final didarkan pada unsure-unsur sebagai berikut:
• Ujian Tengah Semester 30 persen
• Ujian Akhir Semester 40 persen
• Tugas dan partisipasi kelas 20 persen
• Presensi 10 persen
X. REFERENSI
Abu Ahmadi dan Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
H.A.R. Tilaar, Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani di Indonesia (strategi Reformasi Pendidikan Nasional), Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999
Hasbullah, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan (edisi revisi), Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Imam Barnadib, Dasar-Dasar Kependidikan: memahami makna dan perspektif beberapa teori pendidikan, Jakarta: Ghalia Indonesia, 1996
Mastuhu, Menata Ulang Pemikiran Sistem Pendidikan Nasional dalam Abad 21, Yogyakarta: Safira Insania Press dan MSI UII, 2003.
Sutari Imam Barnadib, Pengantar Ilmu Mendidik Anak-Anak, Yogyakarta: IKIP Yogya, 1968
Yudrik Yahya, Wawasan Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional, 2003
Zamroni, Paradigma Pendidikan masa Depan, Yogyakarta: BIGRAF Publising, 2000



Magelang, September 2007
Dosen pengampu

Imam Mawardi, M.Ag

Tidak ada komentar: